Galeri Semarang News

News detail for : Lima Perupa Ciptakan Cetak Biru

April 8, 2014
Pameran "Sang Strukturalis" di Galeri Semarang
    
Semarang Metro
08 Maret 2014

SEMARANG - Galeri Semarang membuka tahun ini dengan pameran bertajuk ”Sang Strukturalis”. Pameran tersebut digelar mulai Jumat (7/3) dan berlangsung hingga akhir bulan (21/3). Sang Strukturalis menampilkan lima perupa yang meski terhitung masih muda usia, memiliki banyak pengalaman.

Kelima perupa itu yakni Aan Arief, Agus TBR, Ahdiyat Nur Hartarta, Erianto, dan Isa Ansory. Di galeri yang berada di Kawasan Kota Lama, pameran mereka dikuratori oleh Wahyudin. Dalam tulisannya di katalog, Wahyudin menilai kelima perupa tersebut memiliki kecenderungan ilmiah yang sama dalam berkarya. Mereka menciptakan cetak biru perupaan tertentu sebelum pada akhirnya menjelmakannya sebagai sebuah karya. Cetak biru atau rancang bangun pokok perupaan untuk lukisan-lukisan itu biasanya berupa foto. ”Foto itu bukanlah representasi apa-apa yang tergurat pada kanvas mereka, melainkan model yang masih harus dibentuk atau diwujudkan dengan kecakapan teknik dan selera artistik mereka,” jelas Wahyudin.

Curi Perhatian

Pemilik Galeri Semarang, Chris Darmawan mengungkapkan, kelima perupa dalam pameran kali ini sangat menguasai teknik realis sebagai teknik dasar melukis. Dalam perkembangan selanjutnya, dengan kemampuannya mereka bereksperimen lebih jauh dengan medium ataupun teknik presentasi. Semua yang dilakukan oleh mereka adalah satu gambaran kreativitas bagi perupa dalam rangka mengangkat reputasi dan mencari jati diri serta memenangkan persaingan dalam percaturan dunia seni rupa sekarang. (H35,H71-75)

 

Galeri Semarang News Archives : 1  2  3  next »


busby seo challenge