Galeri Semarang News

News detail for : SENIMAN NORWEGIA PRIHATINKAN LAKU KONSUMTIF

March 10, 2015
SINDIRAN KONSUMERISME : SENIMAN NORWEGIA, MONA NORDAAS, Membuat karya di Galeri Semarang yang berasal dari barang-barang bekas. Karya tersebut menyindir perilaku konsumerisme masyarakat.

SEMARANG – Seniman asal Norwegia, Mona Nordaas, gelar karya di Galeri Semarang sejak akhir pekan lalu. Karyanya termasuk unik karena menggunakan barang-barang keseharian yang kadang sudah tak terpakai lagi. Dia menyusun benda-benda tersebut menjadi sebuah karya yang diletakkan di lantai dasar galeri tersebut.
“ Saya berkarya dalam bentuk seperti ini sejak beberapa tahun lalu. Berawal dari keprihatinan melihat perilaku konsumtif dari masyarakat umum. Dari tingkah laku tersebut, banyak benda yang dibuang begitu saja. Saya kemudian melihat benda-benda itu sebenarnya masih bisa digunakan untuk fungsi yang lain, “ Jelas perempuan masih tampak cantik meski tak lagi berusia muda.
Beberapa benda yang digunakan dalam karyanya itu antara lain kepingan CD, cermin, sendok dan lainnya. Benda-benda itu disusun hingga menjadi bentuk seperti segitiga, lingkaran serta kotak. Penyusunan benda-benda dengan aneka warna itu kemudian menghasilkan bentuk yang indah.
Membuat Karya
Mona Mengakui, sebagian benda dibeli khusus untuk membuat karya tersebut. Sementara untuk warna, dia tak melakukan pengecatan kembali tapi menyesuaikan warna benda yang ada.
Sebelum berkarya di Galeri semarang, Dia sebelumnya membuat karya serupa di jakarta bersama  beberapa rekan senegaranya yang lain. Namun, bentuk yang dibuatnya berbeda.
Sementara pemilik Galeri Semarang, Chris Darmawan, menyambut baik kedatangan Mona. Karya Mona menurutnya sangat unik dan menarik. Karya tersebut diselesaikan dalam beberapa hari. Setelah itu karya Mona akan tetap di sana selama beberapa waktu ke depan.

 

Galeri Semarang News Archives : 1  2  3  next »


busby seo challenge