Galeri Semarang News

News detail for : Ganjar-Hendi Buka Pameran Semarang Punya Cerita

June 5, 2015
Ganjar dan Hendi Kompak Buka Pameran Semarang Punya Cerita

30 Mei 2015 METRO BERITA (metrosemarang.com)

SEMARANG – Pameran Foto Semarang Punya Cerita dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Sabtu (30/5). Duet pemimpin asal PDI Perjuangan itu membuka pameran dengan cara unik.


Ya, panitia dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Semarang mendaulat keduanya membuka pameran dengan gaya. Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, bertugas‎ menggunting pita. Sedangkan Ganjar dibekali kamera untuk memotret pengguntingan pita.

‎Pameran fotografi di Galeri Semarang, Kota Lama, itu menampilkan 50 karya terpilih. Karya-karya itu dipilih dewan juri dari 450 karya hasil kiriman 225 fotografer dari berbagai daerah.

“Bisa dikatakan ini pameran Nasional. Pengirim karya ada dari Jakarta, Surabaya, Medan, Bali dan sebagainya. Semuanya memotret Semarang dari berbagai angle dan isu,” kata salah satu juri, Chandra AN, pewarta foto Kedaulatan Rakyat.


Juri juga memillih tiga karya terbaik plus foto favorit. ‎Juara favorit adalah foto berjudul “Tradisi Manten Kampung Layur” karya Dedi Soleh Kurniawan asal Demak. Juara ketiga “Enter Stone Man” karya Fikri Baharudin. Fotografer asal Semaraang ini memotret penambangan galian c di Rowosari Semaranag atau sekarang dikenal sebagai Brown Canyon‎.

‎Sebagai juara kedua, ialah foto “Terlelap di Polder Tawang” karya Hanafi Aarrozaq Hastoworo. Dan juara pertama ialah foto “Di Tengah Kepulan Asap dan Butiran Debu” karya Hendra Darmanto. Hendra mengabadikan kebakaran Pasar Johar beberapa waktu lalu secara dramatis.

‎”Selain artistik, nilai lebih para pemenang ialah pada impact dan pesan yang ingin disampaikan,” lanjut Chandra.

Acara yang berlangsung hingga 13 Juni itu juga memamerkan foto-foto pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2013-2014. Sejumlah foto, baik tunggal maupun essay foto ‎itu dapat dinikmati pengunjung di lantai dua Galeri Semarang.

Selain pameran pada hari Minggu pukul 09.00 akan digelar Workshop “Explore ur mobile street photography”  dengan pembicara Mast Irham dan Dita Alangkaraya dari tim Seribukata Jakarta.

Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengaku gembira dengan perkembangan kesenian dan karya orang-orang Semarang. “Pertama ke sini saya super gelisah karena Semarang kering kesenian. Tapi sekarang hari per hari saya seneng, kesenian makin bagus dan hasilnya lherr. Saya pengen Semarang bergerak, bombardir dunia dengan karya Anda,” tandasnya. (byo)

 

Galeri Semarang News Archives : 1  2  3  next »


busby seo challenge