Galeri Semarang News

News detail for : Jejak Sudjojono di Goresan Aan

June 25, 2015
Pameran Directing SS 101 di Galeri Semarang

22 Juni 2015 0:54 WIB Semarang Metro, SmCetak

SINDUDARSONO Sudjojono merupakan salah seorang maestro seni rupa di negeri ini. Dia pendiri Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi) pada 1937 dan juga Seniman Indonesia Muda pada 1946. Sudjojono bahkan kemudian disebut sebagai Bapak Seni Lukis Indonesia Baru.

’’Dia memang seniman jenius,’’ uja Aan Arief, saat pembukaan pameran tunggalnya yang bertajuk Directing SS 101 di Galeri Semarang, Sabtu (20/6) malam.

Pada pameran yang dikuratori Wahyudin tersebut, Aan menghadirkan jejak Sudjojono. Tajuk pameran misalnya, sengaja diambil dari kode eksistensial Sudjojono yang tersurat di setiap lukisannya, yakni SS 101. Angkaangka yang ada tersebut merupakan nomor induk asrama Sudjojono saat di Sekolah Guru, HIK Gunung Sari, Lembang, Bandung, pada 1928.

Teknik Artistik

Upaya ’’menghadirkan’’Sudjojono ternyata tak mudah. Setidaknya itu yang diungkapkan Wahyudin. Dia mengatakan, setelah disepakati untuk menggelar pameran, Aan kemudian segera bekerja. Namun, setelah jadi beberapa, ternyata lukisannya itu dinilai belum menampilkan Sudjojono.

Menurut Wahyudin, Aan dalam pameran itu serupa sutradara yang membesut ’’film dokumenter’’ tentang sosok Sudjojono sebagai pelukis, aktivis seni-politik, selebritas, dan musafir. Beberapa lukisan merupakan repetisi dengan gaya Aan, yang selama lima tahun terakhir menekuni kecakapan teknik artistik dengan tarikan kuas horisontal di kanvas. Beberapa yang lain, seperti yang disebut Wahyudin, adalah siasat mimesisestetis guna menemurupakan hayat dan karya Sudjojono.

Pembukaan pameran tersebut dihadiri puluhan hadirin. Mereka terlihat mengagumi karya-karya Aan. Salah seorang hadirin yang juga dikenal sebagai kritikus, Tubagus Svarajati, mengungkapkan, kiprah Sudjojono tak hanya di atas kanvas. Di masanya, dia juga seorang penulis yang cerdas dengan gagasan yang bernas, terutama mengenai pencarian identitas Indonesia dalam seni lukis. Karena itu tak salah bila dia diberi kehormatan Anugeran Seni pada 1969. (Adhitia Armitrianto-91)

 

Galeri Semarang News Archives : 1  2  3  next »


busby seo challenge