From the Gallery

Curatorial Notes / From the Gallery / Participant / Photos


(FINAL) CHALLENGES

19 May, 2018 - 24 Jun, 2018

‘(Final) Challenges’ berbicara tentang beberapa kondisi parah yang disebabkan manusia dan yang dihadapi manusia saat ini dan di masa depan. Perubahan iklim dan pencemaran lautan dunia adalah contoh bagi periode atau era 'geologis' baru yang dinamakan oleh para ilmuwan sebagai 'anthropocene' dimana planet bumi telah masuk sejak Revolusi Industri. Kesombongan umat manusia telah menyebabkan berakhirnya alam, dalam arti bahwa tidak ada satu pun tempat lagi di bumi yang tidak terpengaruh oleh aktivitas manusia. Proses-proses ini tampaknya tidak dapat diubah.

Selain perang ancaman ekologis, penyakit dan wabah adalah bahaya konstan lainnya bagi kehidupan manusia dan keberadaan masa depan. Akar dari keadaan ini dapat ditemukan dalam keserakahan manusia yang tanpa henti dan prioritas mereka dalam mengkonsumsi, dalam eksploitasi mereka yang tak terhentikan dan tak pernah berakhir pada planet bumi sembari mengorbankan alam. Bukan hanya alam yang pasti lenyap, tetapi juga tradisi dan nilai-nilai moral. Dan, akhirnya, pertanyaan tak terelakkan tentang keberadaan manusia dan alam baka muncul. Jadi kita bisa bertanya apa itu takdir, apa itu nasib? Apa yang bisa dilakukan tentang hal itu?

Seniman memiliki bahasa visual mereka sendiri dan sarana untuk membahasakan semua masalah ini. Jika mereka dapat menunjukkan solusi pada kita, tidaklah pasti. Tetapi setidaknya mereka dapat mengarahkan perhatian kita pada masalah-masalah ini dan menantang kita untuk menghadapinya.

 

Anton Larenz (Kurator dan penulis seni)

 

busby seo challenge